PENGARUH
SITUASI
Pengaruh
situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus
untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan
karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang
menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu
dan tempat tertentu.
Ø TIPE-TIPE SITUASI KONSUMEN
Secara
garis besar jenis/tipe situasi
konsumen dibagi menjadi 3 sesuai dengan waktu kegunaannya yaitu :
1.
Situasi Komunikasi
Situasi
Komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi
atau melakukan komunikasi. Komunikasi yg dilakukan bisa bersifat pribadi atau
nonpribadi
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
a. Komunikasi Lisan dengan teman, kerabat, tenaga penjual, atau
wiraniaga
b. Komunikasi non pribadi, seperti iklan TV, radio, internet,
koran, majalah, poster, billboard, brosur, leaflet dsb
c. Informasi diperoleh langsung dari toko melalui promosi.
2.
Situasi Pembelian
Situasi
Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi konsumen ketika
membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian.
Misal: Ketika Konsumen berada di
bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya
ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan
harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga.
Konsumen tsb mungkin akan menunda pembelian Coke dan mencari di tempat lain.
3.
Situasi Pemakaian
Misal:
Konsumen Muslim sering memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat sholat atau
pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan
atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan untuk pergi bekerja. Para
Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian dalam memasarkan
produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk digunakan pada
situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke pesta, pakaian
olahraga, pakaian untuk kerja, pakaian untuk santai dan berolahraga.
Ø INTERAKSI INDIVIDU DENGAN SITUASI
Situasi konsumen meningkat bila
selang waktu sejak saat makan mereka bertambah. Muncul untuk konsumen yang
kelebihan berat. Dengan demikian, pengaruh situasi dari waktu sejak saat makan
mereka yang terkhir bergantung kepada jenis konsumen.
Ide bahwa konsumen tidak homogen
dalam respons mereka terhadap factor situasi memilki implikasi penting untuk
pemasangan pasar. Karena konsumen yang berbeda mungkin mencari mafaat produk
yang berbeda, yang dapat berubah melintasi situasi pemakaian yang berbeda.
Ø PENGARUH SITUASI TAK TERDUGA
Bagaimana
seseorang mengerti akan potensi dari pengaruh situasi yang tak terduga yang
dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan pada maksud pembelian , yang
tadinya dia tidak mau embeli barang tapi karena suatu hal jadi membeli
barang tersebut. Misalkan seorang ibu yang sedang berhemat, pasti akan mencari
informasi tentang harga-harga kebutuhan pokok, melalui surat kabar/Koran atau
mungkin akan mendatangi tempat kebutuhan tersebut. Ketika ibu tersebut sudah
mendapat informasi secara jelas tentang harga-harga barang yang naik dan mana
harga barang yang turun tentu dia akan mengevaluasi hasil tersebut dan membeli
kebutuhan sesuai dengan kemampuannya.(Situasi komunikasi)
Source
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar