Selasa, 12 November 2013

Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen

Ø Perilaku Konsumen dan Cakupan Ilmu Perilaku Konsumen  

Perilaku konsumen dan cakupan ilmu pengetahuan konsumen Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan , pembelian , penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan .
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian . Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah sedangkan barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang Cakupan ilmu prilaku konsumen Perilaku konsumen merupakan ilmu yang relative baru dibandingkan ilmu yang lain. Ilmu ini berkembang ketika konsep pemasaran banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan. Kompelksnya perilaku konsumen dan perlunya memahami konsumen mendorong ilmu ini dalam berkembangnya memerlukan ilmu-ilmu lain yang terkait yang memungkinkannya mampu menjelaskan perilaku konsumen dengan lebih baik. Ilmu lain yang telah memberikan sumbangan pemikiran bagi studi perilaku konsumen antara lain :

 a. Sosiologi : memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen, seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
 b. Antropologi : Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
 c. Ekonomi : membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
 d. Psikiologi : memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.

Ø Siapa sebenarnya yang dimaksud dengan konsumen dan apa yang menjadi ciri-ciri konsumen?

·         Pengertian Konsumen

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Konsumen adalah entitas yang mudah berubah, untuk itu diperlukan studi perilaku konsumen agar segala gerak mereka bisa diantisipasi. Dalam buku ini para mahasiswa dan pelaku bisnis dapat mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku konsumen.

·         Ciri-ciri konsumen :

1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.

2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.

3.Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.

4. Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

5. Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi

6. Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya,
kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.

7. Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.

8. Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.

9. Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran
konsumen.
10. Kepuasan pelanggan adalah persepsi individu dari performa produk atau jasa dalam hubungannya dengan harapan-harapan.

Ø Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen?
Membantu mereka untuk mengetahui  keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen dan Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer


Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar