Perilaku
Konsumen
Ø Perilaku Konsumen dan Cakupan Ilmu
Perilaku Konsumen
Perilaku
konsumen dan cakupan ilmu pengetahuan konsumen Perilaku konsumen adalah proses
dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan ,
pembelian , penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan .
Perilaku konsumen merupakan
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian . Untuk
barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah
sedangkan barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan pertimbangan yang matang Cakupan ilmu prilaku konsumen Perilaku konsumen
merupakan ilmu yang relative baru dibandingkan ilmu yang lain. Ilmu ini
berkembang ketika konsep pemasaran banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan.
Kompelksnya perilaku konsumen dan perlunya memahami konsumen mendorong ilmu ini
dalam berkembangnya memerlukan ilmu-ilmu lain yang terkait yang memungkinkannya
mampu menjelaskan perilaku konsumen dengan lebih baik. Ilmu lain yang telah memberikan sumbangan pemikiran bagi studi perilaku
konsumen antara lain :
a. Sosiologi : memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen, seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
b. Antropologi : Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
c. Ekonomi : membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
d. Psikiologi : memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
a. Sosiologi : memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi konsumen, seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
b. Antropologi : Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
c. Ekonomi : membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
d. Psikiologi : memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
Ø Siapa sebenarnya yang dimaksud
dengan konsumen dan apa yang menjadi ciri-ciri konsumen?
· Pengertian Konsumen
Konsumen adalah setiap orang
pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan
tidak untuk diperdagangkan.
Konsumen adalah entitas yang mudah
berubah, untuk itu diperlukan studi perilaku konsumen agar segala gerak mereka
bisa diantisipasi. Dalam buku ini para mahasiswa dan pelaku bisnis dapat
mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku konsumen.
· Ciri-ciri
konsumen :
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
3.Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.
4. Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
5. Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
3.Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.
4. Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
5. Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi
6. Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya,
kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.
7. Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.
8. Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.
9. Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran
konsumen.
10. Kepuasan
pelanggan adalah persepsi individu dari performa produk atau jasa dalam
hubungannya dengan harapan-harapan.
Ø Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam
penelitian tentang konsumen?
Membantu mereka untuk
mengetahui keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen dan
Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah
kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang
menjadi sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko,
tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer
Source :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar