Sabtu, 04 Mei 2013

Penyebab melihat gerhana matahari



Apakah bisa menyebabkan buta saat melihat gerhana matahari secara langsung?

Ketika radiasi matahari masuk ke lensa mata lalu ke retina, akibatnya adalah kerusakan di belakang mata yang dinamakan solar retinopathy.
Solar retinopathy terjadi karena memandang matahari secara langsung. Ada beberapa orang yang dapat melakukannya cukup lama tanpa mengalami sakit, tapi hal itu hanya terjadi sesekali. Jurnal medis mencatat, orang yang dalam pengaruh obat dan memandang matahari terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan serius pada matanya.
Cahaya matahari (khusus komponen UV) menjadi pemicu serangkaian reaksi kimia pada sel-sel mata yang mana akan merusak kemampuan sel tersebut merespons objek visual. Dan dalam intensitas yang besar dan lama, akan menyebabkan kerusakan parah pada sel mata. Yang pada akhirnya akan menyebabkan mata mengalami buta sementara atau bahkan buta “abadi” dimana tidak bisa disembuhkan.
Lebih baik hindari melihat langsung gerhana matahari,karena satu-satunya cara yang aman untuk melihat gerhana, menurut NASA, adalah dengan menggunakan filter matahari yang dirancang khusus, yang banyak tersedia di toko-toko teleskop.
Cara membuat alat agar bisa melihat gerhana matahari tanpa mengeluarkan duit secara berlebihan:Jika ingin dapat melihat gerhana matahari dengan aman menggunakan efek “Pinhole”, yaitu dengan membuat sebuah lubang kecil di atas sepotong karton warna apa aja sesuai selera atau kertas kemudian kita dapat melihat gerhana melalui lubang tersebut. Atau juga dapat digunakan metode melihat gerhana secara tidak langsung dengan cara memproyeksikan bayangan matahari di tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar